Perbandingan Penghasilan Blogger VS Youtuber, Manakah Yang Paling Besar?

Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari dunia internet. Mulai dari bisnis online, menjual jasa online, termasuk menjadi seorang blogger ataupun youtuber.

Penghasilan finansial dari dunia internet memang sangat menggiurkan, terutama seorang blogger ataupun youtuber. Dengan model yang bisa dibilang minim kedua profesi ini menjadi opsional teratas untuk mencari penghasilan di dunia maya.

Sumber penghasilan seorang blogger maupun youtuber sendiri itu berasal dari penayangan iklan yang tayang pada setiap konten artikel maupun konten video dari kedua profesi ini, salah satunya adalah google adsense.

Dari Indonesia sendiri kita tentu sudah tahu siapa saja nama-nama yang sukses menggeluti profesi ini.

Dari Youtuber sendiri nama seperti, Raffi Ahmad, Baim Wong, Atta Halilintar, Ria Ricis dan juga Deddy Corbuzier menjadi deretan teratas youtuber sukses Indonesia.

Sedangkan dari dunia blogging nama-nama seperti Raditya Dika, Mas Sugeng, Herman Yudiono, Dani Rahmat, serta Harumi PS menjadi beberapa blogger tersukses di Indonesia.

Lantas, manakah diantara kedua profesi tersebut yang memiliki penghasilan lebih tinggi? Youtuber ataukah Blogger? Simak penjelasaanya dibawah ini.

Perbandingan Penghasilan Blogger VS Youtuber,  Manakah Yang Paling Besar?


5 Blogger dengan penghasilan terbesar di dunia per tahun 2020:

1. Arianna Huffington, CEO The Huffington Post / HuffPost

Sebagai CEO salah media berita terbesar Arianna memiliki penghasilan sebesar $ 500 juta per tahun. Jika kita mengambil angka $ 1 = Rp. 14.000 maka penghasilan Arianna adalah 7 triliun rupiah. Sungguh angka yang fantastis.

2. Engadget (didirikan oleh Peter Rojas)

Situs yang memiliki basic topik teknologi dan gadget ini mampu menghasilkan uang sebesar $ 47,5 juta. Jika dikalikan dengan angka Rp.14.000 maka keuntungan per tahun yang dihasilkan situs ini adalah 665 Miliar Rupiah.

3. Moz (didirikan oleh Rand Fishkin)

Moz adalah situs penyedia jasa layanan SEO, konferensi, dan operasi penerbitan digital skala besar. Situs ini menghasilkan pendapatan pertahun mencapai $ 44,9 juta atau sekitar 628,6 Miliyar Rupiah.

4. PerezHilton (Perez Hilton)

Situs yang bergerak dalam dunia jurnalisme showbiz ini kerap memberikan informasi tentang selebriti-selebriti dunia. Karena kontennya ini, PerezHilton mampu meraup pendapatan sebesar : $ 41,3 juta atau sekitar 578,2 Miliyar Rupiah.

5. Copyblogger (didirikan oleh Brian Clark)

Copyblogger adalah blog tentang dunia blogging dan dikenal sebagai "blog pemasaran konten paling berpengaruh di dunia". Copyblogger mempunyai pendapatan sebesar $ 35.1 Juta atau sekitar 491,4 Miliyar Rupiah.

Sekarang mari kita lihat 5 youtuber dengan penghasilan terbesar di dunia per tahun 2020

1. Ryan Kaji

Youtuber berusia 9 tahun ini memiliki 41,7 juta subcriber dalam channel youtubenya. Dalam salurannya Ryan banyak mengulas tentang mainan dan unboxing serta hiburan dirinya bersama keluarganya. Sebagai salah satu Youtuber termuda, Ryan telah berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $29.5 Juta atau sekitar 413 Miliyar Rupiah dalam setahun. Benar-benar angka yang fantastis di usianya.

2. Mr. Beast (Jimmy Donaldson)

Konten dari saluran youtube Donaldson adalah tentang action yang dibalut dengan humor. Saat ini jumlah subcriber dalam salurannya mencapai angka 47,8 Juta dan memiliki penghasilan sebesar $24 juta atau sekitar 336 Miliyar Rupiah per tahun.

3. Dude Perfect

Channel Youtube yang dibintangi oleh lima laki-laki ini(Coby Cotton, Cory Cotton, Garret Hilbert, Cody Jones dan Tyler Toney) menayangkan kesenangan bermain dengan lightsabers, Nerf Guns dan paintballs daripada kebanyakan orang dewasa. Dude Perfect berhasil mengumpulkan 57,5 Juta subcriber dalam salurannya dan mengumpulkan penghasilan sebesar $23 Juta atau sekitar 322 Miliyar per tahun.

4. Rhett and Link

Channel youtube yang mengangkat konten BBS atau bincang-bincang santai ini memiliki jumlah subcriber sebanyak 41,8 Juta. Dari channel youtube tersebut keduanya berhasil mungumpulkan pendapatan per tahun sebesar $20 million atau sekitar 280 Milyar Rupiah.

5. Markiplier (Mark Fischbach)

Youtuber ini mengangkat topik video game dalam konten videonya. Salurannya kini telah mendapatkan 27,8 Juta subcriber dan berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar $19,5 Juta atau setara dengan 273 Miliyar Ruiah dalam setahun. 

Nah, jika melihat data-data tersebut, bisa kita simpulkan bahwa penghasilan blogger adalah yang paling besar dibandingkan dengan youtuber.

Jangan dijadikan acuan ya guys... Boleh menjadikan itu sebagai motivasi tapi yang paling penting adalah lakukan saja apa yang terbaik dengan semangat dan penuh kesabaran. Apapun profesi anda apakah anda seorang blogger ataukah anda seorang youtuber, yang perlu diingat adalah semua kesuksesan membutuhkan proses.

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Penghasilan Blogger VS Youtuber, Manakah Yang Paling Besar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel