Contoh Desain Spanduk Percetakan Gratis Vector CDR




Usaha percetakan adalah sebuah bidang usaha yang tidak lepas dari kemampuan dalam bidang desain grafis. Untuk menjalankan usaha ini, seseorang harus bisa menguasai teknik menggambar dengan menggunakan aplikasi atau software desain grafis yang sudah terinstall di dalam sebuah komputer atau laptop.

Inti dari dunia percetakan adalah gambar. Jika Anda tidak menguasai software yang dimaksudkan di atas, maka setidaknya Anda harus mempunyai SDM yang mampu untuk mengoperasikannya. Walaupun ini bukanlah hal yang mutlak yang harus dipenuhi. Karena, meskipun Anda tidak mempunyai keahlian di dalam bidang desain grafis Anda masih bisa menjalankan usaha di bidang ini dengan catatan Anda hanya menerima jasa pencetakannya saja atau file siap cetak.

Beberapa projek yang biasa dikerjakan di dalam dunia percetakan yaitu:
  • Pembuatan kartu undangan pernikahan, undangan khitanan, undangan pesta, ataupun undangan ceremony lainnya.
  • Pembuatan spanduk/banner, baliho dan sejenisnya.
  • Pembuatan brosur, famflet, leaflet dan sejenisnya.
  • Pencetakan buku, buku yasin, dan sejenisnya
  • Pembuatan kartu nama dan id card
  • Cutting stiker juga termasuk ke dalam projek di dunia percetakan
  • Sablon kaos, jaket, seragam sekolah, pakaian olahraga, topi, mug dan sejenisnya, dan masih banyak lagi yang lain.
Komputer atau laptop adalah instrumen penting yang harus ada jika anda ingin menjalankan bisni percetakan. Komputer inilah yang menjadi awal mula suatu gambar kerja akan di printout atau dijadikan produk jadi.

Komputer dijadikan sebagai tempat beberapa software dan aplikasi di install. Tentunya, software-software tersebut yang akan menunjang sebuah percetakan produktif atau tidak. Beberapa software tersebut diantaranya adalah: Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, CorelDraw, Driver Printer dan beberapa lainnya.

Selain software, ada beberapa mesin yang juga biasa ada dan digunakan di dalam dunia percetakan, diantaranya adalah: Beberapa printer seperti printer standard cetak kertas HVS dan sejenisnya, printer A3 Xerox ataupun merk lain, printer indoor dan outdor untuk spanduk dan sejenisnya, mesin sablon, mesin cetak sparasi, mesin toko, mesin press baju, topi, mug, mesin pres pin, mesin dan alat potong, dan masih ada beberapa lagi yang lainnya.

Untuk membangun usaha percetakan yang lengkap tentu membutuhkan biaya yang sangat besar. Karena beberapa mesin memiliki harga yang sangat mahal bahkan sampai mencapai ratusan juta, seperti mesin printer A3, mesin banner, mesin sparasi, mesin frontier dan beberapa mesin lain. Selain itu  Anda juga membutuhkan beberapa sumber daya alam untuk ditempatkan dibeberapa bagian pada setiap job desknya. Operator mesin, bagian desain grafis, dan bagian fiishing adalah job pokok yang ada dalam usaha ini.

Tips membuat usaha percetakan Anda sukses

  • Pilihlah area yang strategis. Maksudnya adalah, lokasi tempat usaha Anda mempunyai target pasar yang besar. Di kawasan bisnis, misalnya, Anda bisa mendapatkan banyak customer di area ini, karena kebanyakan orang tidak ingin keluar dari tempat mereka hanya untuk sekedar mencetak dokumen atau barang mereka. Menyewa ruang komersial di jalan yang ramai mungkin mahal, jadi periksalah apakah penjualan yang diharapkan dapat mengimbangi biaya yang lebih tinggi.
  • Identifikasi pasar sasaran Anda. Misalnya, jika Anda mendirikan toko percetakan di dekat universitas, Anda dapat mengharapkan banyak orang untuk menyelesaikan tesis, makalah, kaos organisasi, penjilid buku, laminating, dan fotokopi mereka. Artinya Anda tahu perlengkapan mana yang harus dibeli.
  • Menawarkan layanan online dan pengiriman. Memperluas cakupan Anda dengan menyediakan layanan secara online dan menawarkan jasa pengiriman pesanan konsumen. Mengingat kenyamanan pelanggan tidak harus berjalan ke toko Anda untuk berbisnis dengan Anda. Mereka tidak akan keberatan dengan biaya tambahan untuk kenyamanan ini.
  • Perluas produk dan layanan Anda. Pikirkan terlebih dahulu apa yang akan dibutuhkan pelanggan Anda dan tawarkan lebih dari sekadar layanan pencetakan. Misalnya, menawarkan untuk menjilid kertas mereka biasanya gratis, tetapi Anda juga dapat memasukkan file cetakan mereka ke dalam folder atau amplop dengan biaya tambahan. Anda juga dapat menawarkan layanan penjilidan buku atau laminasi sehingga mereka tidak perlu repot pergi ke toko lain untuk menyelesaikannya.
Gambar di atas adalah gambar demo dari template desain spanduk yang saya buat yang bisa digunakan untuk sarana promosi usaha percetakan Anda. Gunakan spanduk di atas ...

Belum ada Komentar untuk "Contoh Desain Spanduk Percetakan Gratis Vector CDR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel