Cara Membuat Video Trending Di Youtube 2021

Membuat konten youtube tidak semudah apa yang kita bayangkan. Mungkin bagi sebagian kecil itu mudah. Contoh saja para artis atau publik figur. Begitu mudahnya mereka membuat konten viral di youtube. Tidak perlu penting, asalkan itu menghibur bagi para penggemarnya, maka dalam hitungan hari bahkan jam konten tersebut bisa menjadi viral.

Yaps. Banyak dari publik figur kita yang terbukti sudah melakukan itu. Cukup dengan merekam keseharian yang mereka lakukan, tanpa membutuhkan waktu yang lama bahkan cenderung singkat konten tersebut bisa menjadi trending. Mengapa? Karena pada dasarnya background mereka adalah seorang publik figur yang sudah memiliki banyak fans dan pangsa penonton yang luas.

Lantas, apakah orang biasa seperti kita bisa membuat konten viral dan menjadi youtuber dengan banyak subcriber. Jawabannya tentu sangat bisa.

Kali ini penulis akan membagikan tips membuat konten viral di tahun 2021. Simak penjelasannya di bawah ini.

Dalam membuat konten viral di youtube memang terdapat faktor keberuntungan dan kebetulan. Ini berarti, meskipun ada langkah-langkah tertentu yang dapat anda lakukan untuk membuat video viral, tidak ada metode pasti untuk mencapai tujuan itu.

Daripada mulai membuat video dengan tujuan menjadikannya viral, ada baiknya anda belajar untuk mengidentifikasi bagaimana anda dapat menarik penonton untuk melihat video anda. Mungkin selama ini anda membuat video yang tidak menawarkan banyak hal, sehinggal video anda diabaikan penonton.

Sekarang, mari kita pahami cara membuat video viral yang memberi nilai tambah dan berdampak pada audiens target Anda.

Cara Membuat Video Trending Di Youtube 2021

1. Cobalah berikan tontonan menarik 10 detik pertama dalam video anda

Jika anda memberikan tontonan yang menarik pada awal-awal video anda, maka besar kemungkinan audiens atau penonton anda akan merasa penasaran dan tertarik untuk melihat detik berikutnya dari video anda. Masuk akal bukan?

Tapi perlu diingat, bukan berarti setelah 10 detik pertama, video anda sangat membosankan di detik-detik berikutnya, karena itu akan berdampak pada Mod audiens anda untuk melihat video-video anda berikutnya, dan ini fatal.

2. Jangan membuat video yang bertele-tele, langsung saja pada intinya

Dewasa ini, orang sudah terbiasa dengan kepuasan instan sehingga sulit untuk memberikan perhatian penuh pada sesuatu yang detail tapi membosankan bahkan cenderung bertele-tele. Inilah sebabnya mengapa hampir semua video viral yang sukses bersifat interupsi dan pendek.

Pastikan video Anda singkat dan hanya mencakup apa yang relevan dan penting dari perspektif informasi. Karena audiens anda cenderung memperhatikan video yang dimulai dengan kuat dan selesai dalam waktu singkat. 

3. Buatlah video yang relevan

Seorang content creator harus menyadari bahwa sesuatu yang trending hari ini mungkin tidak akan menarik lagi besok. Untuk itu anda harus cekatan dalam membaca topik yang sedang hangat sekarang, kemudian anda bisa mengemasnya dalam sebuah konten video yang menarik sehingga video anda akan relevan dengan sesuatu yang sedang ramai jadi pembahasan.

Blogger dan Youtuber Nuseir Yassin AKA adalah contoh yang sangat baik dalam membuat video yang relevan dan menarik. Dirilis pada akhir Mei tahun 2020, video tersebut menawarkan informasi seputar COVID-19 yang tengah menjadi topik hangat dan populer baru-baru ini.

4. Buatlah video yang masuk akal walaupun dalam mode mute sekalipun

Mempertimbangkan fakta bahwa penonton Anda mungkin sedang bekerja, menghadiri kelas online, atau sedang bersama orang lain, penting untuk memastikan video Anda masuk akal meskipun tidak ada suara. Yang cukup menarik, 80% konsumen lebih cenderung menonton seluruh video jika ada subtitle atau teks.

Walaupun faktanya video visual itu akan lebih menarik jika ditambah dengan efek suara, alngkah baiknya anda memberikan subtitle dalam video tersebut sebagai bentuk perhatian kepada audiens anda bahwa tidak selamanya mereka bisa menonton video yang disertai dengan voice atau suara karena alasan kondisional tertentu.

5. Rilislah video anda di waktu yang tepat

Misalnya anda ingin merilis sebuah video tentang jatuhnya pesawat Sriwijaya Air yang kemarin sempat menjadi topik hangat dalam pemberitaan nasional, maka anda tidak bisa merilisnya sekarang, karena mungkin berita tersebut sudah tidak lagi menjadi topik hangat hari ini.

6. Perkuat jangkauan video anda

Untuk melakukannya anda harus aktif membagikan video anda di media sosial atau platform-platform yang mendukung video anda menjangkau semua orang dengan cepat. Itu memungkinkan video anda ditonton banyak orang dan menjadi viral.

Balik lagi, faktor keberuntungan dan kebetulan juga berpengaruh apakah video anda bisa viral atau tidak. Dan yang paling penting adalah tetap semangan dan teruslah berkarya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Video Trending Di Youtube 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel