Cara Jadi Youtuber Sukses

Jika melihat Raffi Ahmad dan Baim Wong, mereka berdua adalah beberapa dari sekian jumlah youtuber sukses Indonesai, diluar profesi mereka sebagai seorang artis.

Deddy Corbuzier sebagai youtuber dengan penghasilan tertinggi di Indonesia saat ini dengan konten Podcastnya, Ria Ricis sebagai youtuber wanita tersukses Indonesia dan Atta Halilintar sebagai youtuber dengan jumlah Subcriber terbanyak se-Asia.

Dari deretan nama-nama tenar di atas, masih banyak lagi youtuber-youtuber Indenesia yang terbilang sukses. Namun pertanyaanya: Bagaimana awal mereka membangun channel mereka sehingga bisa sesukses ini?

Bagi mereka yang memang mempunyai background seorang publik figur, mencari subcriber dan jam tayang dalam jumlah yang banyak tidaklah sesulit orang biasa pada umumnya. Tanpa mengesampingkan kualitas konten youtube itu sendiri tentunya. Disamping sudah mempunyai fans dan dikenal banyak orang, kehidupan di balik layar mereka juga selalu bikin orang lain penasaran.

Jadi, apakah saya atau anda bisa menjadi youtuber sukses seperti mereka, walaupun kita bukan siapa-siapa. Jawabannya SANGAT BISA.



Berikut ini beberapa langkah agar anda bisa menjadi seorang youtuber yang sukses:

1. Membangun Mindset


Untuk menjadi seorang youtuber sukses, anda harus membangun mindset awal anda. Buatlah keyakinan dan tanamkan keyakinan itu pada fikiran anda bahwa anda bisa menjadi seorang youtuber yang sukses.

Seorang youtuber tidak harus seorang artis. Karena youtube bisa dinikmati oleh semua kalangan tanpa melihat usia dan status. 

Mari kita lihat seorang Atta Halilintar. Mungkin awalnya orang tidak tahu siapa dia. Namanya mulai dikenal masyarakat karena channel dan konten yang dia buat sebagai seorang youtuber. 

Channel Atta kini memiliki 26,4 juta subcriber dan 1.191 konten video. 

Jika Atta Halilintar saja bisa anda pun pasti bisa.

Seorang David Brendi dengan channel youtube Gadgetin miliknya kini mempunyai 6,91 juta subcriber dengan konten riview gadget di kanal youtubenya. David bukan lah siapa-siapa pada awalnya, hingga akhirnya semua orang mengenal dia sebagai seorang youtuber yang sukses dengan penghasilan yang membuat saya dan andapun ingin seperti dia.

Jika David pun bisa, anda juga pasti bisa.

Jadi poinnya di sini adalah membangun Mindset anda dengan keyakinan dan optimisme yang kuat bahwa anda bisa menjadi seperti mereka. 

2. Membangun Mental


Saya yakin, bahwa kebanyakan orang sukses pasti mempunyai mental yang kuat.

Karena ini adalah basic yang harus tertanam dalam diri mereka, agar mereka tidak pantang menyerah dalam menjalani proses.

Tidak ada yang instan di dunia ini, apalagi dalam mencari kesuksesan. Apalagi anda adalah seorang pemula. Kecuali anda adalah seorang yang mempunyai modal, orang yang pandai dalam bidang yang akan Anda jalani, mungkin itu akan berbeda ceritanya.

Anda harus mempunyai kesadaran, bahwa semua kesuksesan itu membutuhkan proses, dan semua proses perlu perjuangan, dan di dalam perjuangan pasti ada tantangan.

Jika anda sudah memahami hal tersebut, InsyaAllah anda akan mempunyai mental baja untuk menjadi seorang blogger yang sukses.

Menjadi seorang youtuber pun harus mempunyai mental baja. Anda membuat konten, awalnya mungkin tidak ada yang menonton, mungkin anda membuat konten dan tidak menarik lalu dikomentari negatif oleh penonton anda, banyak yang mendislike konten anda. 

Semua hal di atas mungkin akan terjadi pada anda sebagai seorang pemula. Jika anda tidak menyadari hal ini dari awal dan tidak mempersiapkan mental anda, bisa dipastikan langkah anda akan terhenti sebagai seorang youtuber karena anda menyerah.

Jadi siapkanlah mental anda agar anda bisa mencapai apa yang anda inginkan.

3.  Menentukan Konsep


Sebelum anda memutuskan untuk menjadi seorang youtuber, anda harus menentukan konsep apa yang akan anda pilih untuk mengisi konten kanal anda.

Tentukanlah tema atau topik untuk kanal youtube anda dimana anda menguasai atau setidaknya anda tertarik untuk mengulasnya atau mereview dalam konten video anda.

Disini kreatifitas sangat diperlukan untuk membuat konten yang menarik bagi penonton anda. Abaikanlah para artis yang telah sukses beralih profesi menjadi seorang youtuber. Jangan pernah membuat konten yang sama seperti mereka. Mereka adalah seorang publik figur, dimana kehidupan pribadi dan keseharian mereka selalu menarik untuk diikuti bagi kebanyakan orang. 

Raffi Ahmad membuat konten makan saja bisa trending, karena memang bagi kebanyakan orang apalagi seorang fans itu menarik. Jika anda membuat konten yang sama, cobalah tanyakan ke nenek anda atau ke tetangga anda apakah mereka akan tertarik untuk melihatnya? Jika tidak, maka fikirkanlah untuk mencari konten yang lain. Itu hanya sebuah contoh ya guys....


Maka temukanlah konsep yang sesuai dengan anda dan kanal youtube anda. Karena kebanyakan youtuber pemula menyerah karena pada awalnya mereka tidak memiliki konsep untuk youtube mereka, dan pada akhirnya mereka kebingungan untuk membuat konten apa untuk mengisi kanal youtube mereka.

4. Membangun Ilmu (Belajar)


Jika anda adalah seorang pemula dan masih awam dalam dunia youtube, maka anda harus banyak belajar bagaimana cara membangun kanal youtube yang baik dan benar dan mendapatkan banyak subcriber serta jam tayang.

Karena di dalam dunia youtube banyak sekali tips dan triks yang harus anda ketahui dan pelajari. Tidak hanya sekedar membuat konten yang menarik saja, monitesi kanal anda juga wajib anda kuasai. Karena disitulah intinya.

Anda tidak akan mendapatkan penghasilan dari kanal youtube anda jika saluran anda tidak dimonitesi ke Google Adsense, dan Google Adsense tidak bisa dimonitesi jika syaratnya tidak dipenuhi, dan salah satu syarat monitesi  Adsense adalah jumlah subcriber dan jam tayang, dan subcriber dan jam tayang ditentukan oleh bagaimana cara anda membuat konten yang menarik untuk saluran youtube anda

5. Membangun Komunitas


Anda harus membangun komunitas anda sendiri dalam dunia Youtube. Cobalah untuk bergabung dengan komunitas-komunitas Youtuber Indonesia ataupun dunia. Bisa melalui Facebook, Group WA ataupun forum apa saja yang bisa menjadi tempat anda sharing dan belajar tentang cara membangun kanal youtube yang berkualitas dan mendengarkan pengalaman-pengalaman mereka yang sudah lama berkecimpung di profesi ini.

Komunitas akan memberikan anda banyak ilmu dan pengalaman, dan dengan membangun komunitas anda tidak akan merasa sendirian dan tetap bersemangat dalam membuat konten dan membangun channel youtube anda.


6. Membangun Konsistensi


Yang paling penting dari lima poin di atas adalah bagaimana anda bisa konsisten dalam membuat konten dan membangun kanal youtube anda.

Saat anda mendapat tanggapan yang tidak menyenangkan dari penonton anda, maka jadikanlah itu sebagai motifasi untuk memperbaiki konten anda. Berikanlah apa yang menurut penonton anda menarik. Tetaplah semangat dan jangan pantang menyerah.

Salam Youtuber Indonesia.... Semoga bermanfaat.


Belum ada Komentar untuk "Cara Jadi Youtuber Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel