Aplikasi Signal, Saingan Whatsapp Yang Bakal Trending 2021

 

Signal

Tulisanpena.com - Signal adalah aplikasi perpesanan terenkripsi yang aman. Anggap saja sebagai alternatif yang lebih pribadi untuk WhatsApp, Facebook Messenger, Skype, iMessage, dan SMS. Inilah mengapa Anda harus mempertimbangkan dengan serius untuk beralih ke Signal.


Mengapa Signal Itu Spesial


Signal tersedia untuk Android, iPhone, dan iPad. Ada juga klien desktop Signal untuk Windows, Mac, dan Linux. Untuk bergabung, Anda hanya membutuhkan nomor telepon Gratis.


Pengalaman pengguna Signal sama seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan aplikasi obrolan populer lainnya. Ini adalah aplikasi perpesanan dengan fitur seperti pesan satu-ke-satu, grup, stiker, foto, transfer file, panggilan suara, dan bahkan panggilan video. Anda dapat melakukan obrolan grup dengan hingga 1000 orang dan panggilan grup dengan hingga delapan orang.


Signal tidak dimiliki oleh perusahaan teknologi besar. Sebaliknya, Signal dikembangkan oleh yayasan nirlaba dan didanai oleh donasi. Tidak seperti Facebook, pemilik Signal bahkan tidak mencoba menghasilkan uang. Signal tidak mencoba mengumpulkan banyak data tentang Anda atau menampilkan iklan kepada Anda.


Meskipun Signal memiliki antarmuka yang sangat familiar, ia sangat berbeda di balik layar. Percakapan Anda di Signal dienkripsi dari ujung ke ujung, yang berarti bahkan pemilik Signal tidak dapat memantaunya. Hanya orang-orang dalam percakapan yang dapat melihatnya.


Signal juga sepenuhnya open-source. Kode sumber untuk aplikasi klien proyek dan perangkat lunak server tersedia di GitHub.


Bagaimana (dan Mengapa) Signal Sangat Privat dan Aman


Semua komunikasi di Signal — termasuk pesan satu-ke-satu, pesan grup, transfer file, foto, panggilan suara, dan panggilan video — dienkripsi ujung-ke-ujung. Hanya orang yang terlibat dalam komunikasi yang dapat melihat mereka. Enkripsi terjadi antara perangkat individu yang menggunakan Signal. Perusahaan yang mengoperasikan Signal tidak dapat melihat pesan-pesan ini meskipun mereka menginginkannya. Signal sebenarnya membuat protokol enkripsi sendiri untuk ini.


Ini sangat berbeda dari aplikasi perpesanan tradisional. Misalnya, Facebook memiliki akses ke semua yang Anda katakan di Facebook Messenger. Facebook mengatakan tidak akan menggunakan konten pesan Anda untuk iklan, tetapi apakah Anda yakin itu tidak akan pernah berubah di masa depan?


Tentu, beberapa messenger lain menawarkan pesan terenkripsi sebagai fitur opsional. Tetapi semua yang ada di Signal dienkripsi, selalu dan secara default. Signal juga menawarkan fitur privasi lainnya, termasuk pesan penghancuran diri (menghilang) yang secara otomatis akan dihapus setelah jangka waktu tertentu.


Facebook Messenger juga mengumpulkan banyak data tentang Anda. Sebagian besar perusahaan mengumpulkan banyak data. Signal mencoba untuk tidak melakukannya.


Meskipun Signal tunduk pada panggilan pengadilan pada Anda dan dipaksa untuk mengungkapkan apa yang diketahuinya tentang Anda, perusahaan hampir tidak tahu apa-apa tentang Anda dan aktivitas Signal Anda. Signal hanya dapat mengungkapkan nomor telepon akun Anda, tanggal koneksi terakhir, dan waktu pembuatan akun.


Sebaliknya, Facebook dapat mengungkapkan nama lengkap Anda, semua yang Anda katakan di Facebook Messenger, daftar lokasi geografis tempat Anda mengakses akun — dan seterusnya.

Semua yang ada di aplikasi Signal Anda — pesan, gambar, file, dan sebagainya — disimpan secara lokal di ponsel Anda. Anda dapat mentransfer data antar perangkat secara manual, hanya itu saja.

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Signal, Saingan Whatsapp Yang Bakal Trending 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel